Sabtu, 09 Mei 2020

IGI dan SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog)

Guru merupakan pendidik yang berperan penting dalam mengubah karakter generasi penerusnya ke depan. Dimana guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan kompetensinya baik itu kompetensi pedagogik, profesional, sosial maupun kepribadian agar guru senantiasa bisa mengikuti perkembangan zaman yang selalu berubah dengan cepat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dan hal ini tentunya berimbas pula pada perkembangan dunia pendidikan. Untuk menjawab tantangan itu lahirlah Ikatan Guru Indonesia yang di singkat IGI.


IGI memiliki banyak program yang ditawarkan untuk peningkatan mutu guru yang bisa diakses oleh semua guru dan hampir setiap kegiatannya tidak mengandalkan bantuan dana dari pemerintah. Hal ini saya katakan karena saya merasakan sendiri saat bergabung dengan IGI, Khususnya IGI Wilayah Maluku yang belum hampir setahun ini, luar biasa dengan dana seadanya kegiatan jalan dengan sukses tanpa hambatan. Itu artinya organisasi profesi guru yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi, merupakan organisasi yang mandiri dan menghasilkan guru-guru hebat. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan diri anda untuk menjadi guru hebat bersama IGI. Berikut video tutorial cara pendaftaran anggota IGI.


Sehubungan di era pandemik Covid-19 ini guru dan siswa dituntut menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran secara online . Apalagi dengan adanya kebijakan Work From Home (WFH) Guru di tuntut untuk mendesaing pembelajaran yang sangat bervariasi dengan pemantapan teknologi pembelajaran secara digital sebagai suatu kebutuhan. IGI hadir menawarkan pelatihan-pelatihan Online gratis yang merupakan solusi dari pembelajaran jarak jauh (daring). Salah satunya kanal pelatihan yang saya ikuti yaitu SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog). 

SAGUSABLOG merupakan pelatihan yang paling fenomenal saat ini dimana pada program ini anggota IGI bisa mengikuti workshop pembuatan blog guru untuk pembelajaran. Program SAGUSABLOG ini telah menghasilkan ribuan guru blogger baru. Setiap guru yang mengikuti program ini diwajibkan membuat blog untuk pembelajaran dan itu semua dimulai dari nol, jadi intinya guru yang tadinya tidak memahami sama sekali tentang blog setelah mengikuti pelatihan ini jadi mampu membuat blog sendiri, meskipun dalam pelatihannya dilakukan secara online melalui aplikasi sosial media telegram. Setiap guru yang sudah mendaftarkan diri mengikuti pelatihan ini akan dimasukkan kedalam grup telegram, dari situlah materi pelatihan ini bisa didapatkan dan bukan hanya itu saja, semua peserta juga selain bisa mendapatkan materi yang bisa diunduh mereka juga bisa berkonsultasi dengan para mentor yang siap siaga selama 24 jam untuk membimbing dan menjawab semua pertanyaan dari peserta yang mendapatkan kesulitan termasuk blog yang saya buat ini merupakan hasil dari bimbingan para mentor hebat SAGUSABLOG terutama Mentor kelas 40-Y Mr. Sodikin dan Mrs. Ani Asih yang selalu sabar membibing dan mengarahkan kami dalam kegiatan pelatihan ini. 

Saya sebagai peserta pemula dalam kegitan ini sangat bersyukur dan berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini dalam pengembangan diri sebagai seorang pendidik sehingga bisa maju bersama IGI dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi di era digital sekarang ini. 

Terima kasih Teman-teman peserta Kegiatan Workshop Online SAGUSABLOG-40 kelas 40-Y yang selalu bersemangat dalam memberi masukan dan saran dari dan oleh sesama peserta demi penyempurnaan.

Penulis
Asmawati

1 komentar: